My Financial Dan Standar Kehidupan Kota Jakarta

Sekarang saya mulai menghitung pengeluaran keuangan saya setiap bulannya. Hal ini dulu pernah saya lakukan namun sempat terhenti sesaat. Saya lakukan ini tentu nya sebagai pengingat apabila keuangan saya sudah diluar anggaran. Definisi pengeluaran buat saya adalah biaya pribadi termasuk buat jalan2 ama calon istri. Saya sudah memisahkan pengeluaran untuk ortu 40-50%, untuk adik 10-15%, kuliah 10%, nabung x% (tergantung sisanya hehe).

Ok mari kita hitung pengeluaran saya dibulan Juni 2007.
minggu 1 (01 jun - 07 jun) : 283.5 rb
minggu 2 (08 jun - 14 jun) : 294 rb
minggu 3 (15 jun - 21 jun) : 313 rb
minggu 4 (22 jun - 28 jun) : 350.5 rb
minggu 5 (29 jun - 30 jun) : 171.5 rb
Jika ditotal pengeluaran saya bulan ini kurang lebih 1.5 jt.
Pengeluaran paling besar terutama dihari sabtu dan minggu. Cukup banyak juga ya, jumlah segitu sebenarnya melebihi perkiraan saya. Saya memperkirakan hanya dibawah 1 juta. Rata2 pengeluaran saya perhari adalah 50rb.

Lantas apa hubungannya dengan kehidupan kota Jakarta ? Jelas ada.
Saya ingin coba membahas standar kelayakan hidup di Jakarta. UMR (Upah Minimum Regional) Jakarta pada tahun 2006 adalah 816rb, tahun 2007 saya tidak tahu. Kita asumsikan saja tahun 2007 UMR adalah 850rb.

Pertanyaannya,
layakkah upah tersebut ?
Apakah jumlah sebesar itu cukup untuk hidup di Jakarta sebulan ?
Memang perusahaan yang baik umumnya memberi lebih dari itu, akan tetapi lebihnya tidak jauh2 amat. Banyak teman saya yang lulusan SMA hanya bergaji berkisar 1jt - 1.5jt.

Rata2 pengeluaran karyawan selama sehari,
*. makan pagi = 5rb (dibawah ini susah sekarang, bubur abang2 aja goceng. lontong sayur jg goceng).
*. makan siang = 10rb (dengan 10rb, dapet nasi, daging, sayur dan buah)
*. makan malam = 10rb
*. transport = 15rb
*. lain2 = 10rb (jajan sore, ngemil tengah malem dll)
total  sehari = 50rb.
total sebulan = 50rb * 30hari = 1.5jt

Itu kalau gaji kita 1.5jt,
jika gaji kita umr lebih dikit, katakan 1.3jt, maka jatah kita sehari menjadi 1.3jt / 30hari = 43rb.
jika gaji kita umr mentok, 850rb, maka jatah kita sehari menjadi 850rb / 30hari = 28rb.
Memang berapa sih standar gaji sekarang ?
SMP         = Bisa dipastikan mendapat gaji amat sangat tidak layak (Bisa kerja aja uda bagus)
SMU        = 800rb - 1.3jt (UMR lebih dikit)
S1 fresh graduate = 1.5jt - 2.5jt
S1 with experience = 2.5jt - 3.5jt
S2             = 3.5jt - 5jt
Memang ada juga yang dapet lebih dari tabel diatas, tapi jumlahnya amat jarang.
Artikel dari detik.com menunjukan gaji TI Indonesia terendah kedua di dunia.

Bayangkan betapa beratnya kehidupan di Jakarta. Dapat gaji 1.5jt perbulan saja hidup sudah pas-pasan. Pengeluaran 50rb perhari itu pengeluaran minimal di Jakarta.
Pengeluaran dibawah 50rb sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan efek samping sbb :
1. Tekanan batin (Liat org makan steak sementara kita makan tempe).
2. Menderita halusinasi (Sering membayangkan pake baju bagus, makan enak dll).
3. Gizi yang buruk (Makan tempe tahu melulu).
4. Sering berandai2 & Menerawang (andai gw jadi si A, andai gw jadi si B dsb).

Jadi seharusnya UMR Jakarta tuh 1.5jt ditahun 2007 ini. Belum lagi laju inflasi dan BBM yang makin naik. Ga tau inflasi ? Gampang liatin aja harga nasi goreng tiap tahun naik berapa persen nah itu lah laju inflasi. Kenaikan gaji di Jakarta cuma berkisar 5-10% bahkan ada yang tidak naik sama sekali dengan alasan klise "perusahaan lagi susah", "kita lagi mengalami masa sulit", "kita merugi".

Dengan 1.5jt perbulan aja dapat kita asumsikan karyawan tersebut :
1. Tinggal dengan ortu (Kalo ngekos/kontrak tambah biaya lagi, mana cukup).
2. Ga ngerti mode (Buset makan aja ngepas, gimana beli baju baru).
3. Sehat sepanjang tahun (Iyalah kalo ga sehat mana mampu bayar obat dan rumah sakit).
4. Jomblo abis (Ga punya pacar, ga punya istri, ga punya TTM).
5. Kuper (Sabtu, minggu dirumah aja ga ada dana lebih buat jalan2).
6. Ga ngerokok (Gila makan susah, punya duit mau dibakar lagi mana tahan).
7. Ga punya kendaraan pribadi (Duit cicilan dari mana ? dari Hongkong ?).
8. Tidak berbakti pada orang tua (Yang ada nyusahin doang tiap hari).

Dengan kondisi demikian banyak pula teman yang menyarankan begini "buka usaha aja enak ga cape, ngapain lu kerja ga jadi kaya". Yang bokapnya punya rekening bank di Swiss sih enak bisa omong gitu. Kalo kita mau usaha dengan mandiri tanpa bantuan ortu mana bisa (bukan ga bisa sih cuma susah dan perlu usaha extra keras). Orang yang sejak kecil hidup dengan derita diatas akan cenderung susah membuka usaha karena mengalami sindrom seperti takut gagal, takut bangkrut, takut dihina, takut berhutang dan takut lain nya. Saya sendiri pribadi mengalami hal seperti itu.

Lantas kita harus bagaimana ya supaya hidup dengan layak ??
Jakarta oh Jakarta ....